Terkini
Loading...

IKlan

Bagaimana Cara Menanam Bunga Agar Tidak Mudah Layu









Tanaman dapat berbunga cepat dan lebat, dan tetap segar, yaitu dengan cara penanaman yang baik dan benar. Tanaman bunga bisa ditanam di lahan terbuka dan di dalam pot dengan cara tanam agak berbeda. Untuk itu, kita perlu mengetahui bagaimana cara menanam bunga yang baik dan benar, sehingga tanaman bunga yang kita tanam dapat tumbuh subur dan tidak mudah layu. Caranya yaitu:
  1. Yang paling penting dari proses menanam adalah pemilihan media tanam yang cocok untuk jenis bunga. Media tanam harus memenuhi beberapa syarat, yaitu:
a)      Bersih bebas penyakit memiliki unsur hara sebagai bahan makanan tanaman, atau bisa dengan penambahan pupuk.
b)      Bisa menopang tanaman agar berdiri tegak dan tidak mudah roboh.
c)       Dapat menyerap air dan mengalirkan kelebihan air yang tidak dibutuhkan.
  1. Media tanam juga terbagi dua yaitu:
a)      bahan organik: dari organisme makhluk hidup seperti batang, daun, atau buah. Bahan organik memiliki unsur hara yang banyak dan memiliki unsur makro dan mikro yang seimbang. Misalnya cacahan, arang, moss, sabut kelapa, humus, kompos, dan pupuk kandang.
b)      Bahan anorganik: yang memiliki unsur mineral tinggi dari pelapukan batu induk dalam bumi, seperti batu, kerikil, pasir, gel, spons, pecahan batu, dll.
Cara-cara menanam bunga
  1. Cara-cara menanam bunga di lahan terbuka dan dalam pot tidak jauh berbeda, yang perlu diperhatikan adalah untuk penanaman dalam pot, dasar pot perlu dimasukkan pecahan batu bata atau genteng merah, atau ijuk sebagai pengikat air dan memberikan rongga udara bagi pernapasan akar.
  2. Dengan pemilihan media tanam yang baik, lalu gali lubang pada media tanam dan masukkan tanaman serta padatkan batang dengan tanah di sekelilingnya. Untuk media pot, usahakan agar tanah tidak sampai pada bibir pot, atau sisakan 2 cm.
  3. Lakukan penyiraman yang baik yaitu pada pagi dan sore hari. Penyiraman lebih baik menggunakan semprotan sehingga tanaman dapat tersiram secara merata. Yang disiram adalah akar atau media tanam, dan jangan terkena daun dan bunga agar tidak mudah layu.
  4. Pastikan tanaman bunga mendapat cahaya matahari yang cukup, dan bagi bunga dalam pot dalam ruangan sebaiknya dikeluarkan selama 2-3 jam untuk menyerap sinar matahari dan kemudian masukkan kembali.
  5. Agar tidak mudah layu, tanaman bunga juga perlu diberi semprotan pestisida atau suntikan anti hama sehingga tidak diganggu hama atau lainnya.
  6. Lakukan pemangkasan menggunakan gunting pada daun tua dan batang kering agar tanaman dapat terus tumbuh subur.
  7. Jika anda ingin memetik bunga, maka gunakan gunting sehingga bunga tidak mudah layu.




Kredit : TanamBunga.com

0 comments :

Post a Comment

Back To Top